Sabtu, Mei 16, 2009

Wisata murah tapi gembira di TMII

Taman Mini Indonesia Indah atau biasa disingkat dengan TMII. Sepertinya sudah cukup lama sekali tidak pernah pergi bermain ke TMII, mungkin sekitar tiga atau empat tahun. Seperti merasakan kebahagiaan pada saat masih duduk di bangku sekolah dasar dulu, pada saat gue dan temen-temen 'bolang' melakukan tamasya ke TMII tanggal 3 Februari 2008, kegiatan yang pada awalnya di dasari keinginan anak-anak untuk menghibur putrie yang pada saat itu sedang merasa sedih dan bete. Ide itu pun dipersempit kembali dengan mencari tempat hang-out yang jarak tempuh tidak terlalu jauh dari tempat kami masing-masing dan juga cukup murah atau bahkan sangat murah biaya secara keseluruhan.

Bayangkan saja, untuk ongkos bila dimulai dari basecamp wartel 13, Salemba, Jakarta Pusat. Dimulai dengan naik bus ke arah halte Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta Timur, sebesar dua ribu rupiah. Kemudia dari halte UKI naik angkot kecil menuju langsung tepat didepan TMII sebesar empat ribu rupiah. Setiba di Taman Mini, kami masing-masing membayar Rp 10,000/orang. Jadi kalau dihitung total ongkos PP (pulang pergi) dan biaya tiket masuk kedalam TMII maka sekitar Rp 22,000 atau bisa digenapkan Rp 25,000. Mengenai masalah minum dan makan pada saat sebelum keberangkatan silahkan membawa bekal untuk memperkecil biaya.

Sesuai dengan namanya Taman Mini Indonesia Indah, disini kita seakan diperlihatkan replika dari negara Indonesia secara keseluruhan. Lengkap dengan rumah adat masing-masing propinsi, ada juga replika pulau di Indonesia, dan lain sebagainya. Tidak hanya sebagai tempat berlibur untuk bermain yang tepat, juga sebagai tempat belajar, karena di TMII juga terdapat banyak museum seperti museum elektronik, museum keong mas, dan lain sebagainya.

Untuk sedikit memberikan referensi, disini gue sertakan beberapa hasil jepretan kamera digital dan kamera hand-phone sewaktu gue dan anak bolang berwisata ke Taman Mini Indonesia Indah.

taman_mini6

taman_mini5

taman_mini2

taman_mini1

taman_mini8

0 comments:

Posting Komentar

 
ss_blog_claim=c2f27b364ef7acd74baa6421e2336682 ss_blog_claim=c2f27b364ef7acd74baa6421e2336682