Sabtu, Mei 09, 2009

Album terbaru Agnes Monica - Sacredly Agnezious



Tanggal 1 April 2009, tepatnya di hari Rabu, penyanyi idola saya Agnes Monica akhirnya meluncurkan album terbarunya (album ke-tiga) yang diberi judul Sacredly Agnezious. Penantian panjang dari album yang sebelumnya bertajuk 'Whaddup A...?' sekitar tiga setengah tahun lalu. Disini saya akan mencoba mereview atau menelaah tembang-tembang yang ada dialbum barunya, yah tentunya review dari saya ini harus menjadi patokan dalam selera musik anda semua, karena semua orang tentu memiliki selera musik tersendiri.

Baik mari kita mulai ulas lagu dalam album Agnes (yang kebetulan saya mengulas album Sacredly Agnezious-nya yang versi ordinary yang hanya terdapat 10 lagu di dalamnya, bukan yang gold edition, 13 lagu) :
1. Godai aku lagi : Musik yang berbeda dari lagu-lagu Agnes sebelumnya. Lebih kaya akan instrument musik elektronik, dan aransemen vokal dengan banyak latar vokal Agnes dibalik vokal utamanya menurut saya cukup bagus.

2. Janji - janji : Lagi yang bertempo up-beat dengan sedikit sentuhan irama rock ini cukup menarik, namun tidaklah cukup untuk dibilang lagu yang bagus. Mendengar lagu ini mengingatkan saya pada lagu era lady-rocker Anggun dan Nicky Astria, juga mengingatkan kepada lagu 'ku disini' pada albumnya terdahulu 'Whaddup A ... ?' yang mengandung unsur usik rock-pop.

3. Hanya menunggu : Sekali lagi, di lagu ini agnes bermain 'beat' yang cukup menarik, sedikit mengingatkan jenis lagu yang dimiliki oleh Justin Timberlake. Suara yang tidak berlebihan dari Agnes dalam lagu ini, membuat lagu up-beat ini cukup enak didengar.

4. Teruskanlah : Lagu 'mellow' yang sangat bagus dari seorang Agnes Monica, vokal yang sangat kuat dilagu ini, juga dengan musik yang simple menjadikan lagu Teruskanlah sangat enak didengar ditelinga. Namun yang saya tidak suka dalam lagu ini adalah liriknya yang menurut saya sedikit sangat maksa.

5. Coz.I.Love.You : Satu lagi lagu mellow dari Agnes yang menurut saya sangat perfect. Musik yang sederhana dan suara yang pas (tidak berlebihan dalam tarikan suara tinggi, dan sangat baik pada pengambilan di nada-nada rendahnya) membuat yang mendengar akan terbuai dengan alunannya.

6. A.G.N.E.Z : Bertempo cepat yang sangat atraktif dan 'cathcy', dengan lirik yang menurut sebagian besar orang cukup narsis “Suaraku, detak jantungku, membuatmu, tergila-gila pada pesonaku, emosiku membawamu masuk dalam duniaku…” membuat saya menetapkan lagu ini sebagai lagu bertempo cepat favorit saya di album Agnes yang baru ini.

7. Berlebihan : Berirama jazz-soul-ballad, sedikit mengingatkan dengan lagu 'What they called soulmate' pada album Agnes yang ke dua. Mendengar vokal Agnes di dalam lagu ini seakan terbawa suasana black-music yang memang sangat enak didengar.

8. Matahariku : Entah mengapa saya tidak begitu tertarik bila mendengar vokal Agnes di dalam lagu ini. Terdengar sedikit berlebihan di bagian reffrein.

9. Shake it off : Adanya unsur musik dari daerah bali yang dipadupadankan dengan irama RnB membuat lagu ini sangat unik dan menarik untuk didengar. Lagu ini juga yang di bawakan oleh Agnes pada saat menerima penghargaan Best Singer pada Asia Song Festival 2008, di Korea.

10. Rapuh : Lagu beralunan musik yang lembut, suara Agnes yang terdengar sangat menjiwai sekali lagu ini, aransemen musik yang pas, membuat lagu ini sangat indah didengar. Bukan tidak mungkin bila lagu ini dijadikan single Agnes berikutnya akan menduduki puncak tangga lagu-tangga lagu di di tv ataupun radio.

Demikian review dari lagu Agnes yang ada di dalam album terbarunya 'Sacredly Agnezious' yang menurut Agnes sendiri arti dari judul albumnya adalah “Sacredly adalah sakral dan itu lebih otentik. Agnezious itu kata sifat, artinya aku yang sangat aku. Jadi, Sacredly Agnezious bisa dikatakan it’s all about me yang melibatkan aku sendiri,”



Dalam album terbarunya ini saya mencatat beberapa hal penting untuk dicatat, beberapa poin kemajuan yang telah Agnes lakukan dalam album terbarunya ini, yaitu :

1. Sampul Album, di albumnya yang terbaru ini Agnes benar-benar menunjukkan cover album yang sanga berkelas dan sesuai citra Agnes. Beda dengan dua album sebelumnya '...and the story goes...' dan 'Whaddup A..?' yang menurut saya sampul albumnya dapat dikatakan buruk atau bahkan sangat buruk. Namun di album ketiga ini Agnes memperbaikinya dan hasilnya, sebuah cover album dari penyanyi sekelas Agnes yang sangat menarik dipandang mata.

2. Penggunaan bahasa inggris dibeberapa lagunya (walau bahasa inggris dicampur bahasa indonesia) membuktikan Agnes sangat serius dan siap untuk mewujudkan 'go international' nya itu.

3. Menciptakan lagu, memproduseri beberapa lagu, ikut andil dalam pembuatan video-klip. Menaikkan citra Agnes ke tingkat awal sebagai musisi, bukan hanya sekedar pencipta lagu. Kemajuan yang cukup bagus untuk seorang penyanyi.

4. Penampilan baru. Rambut potong super pendek dan lebih kurus. Penampilan yang cukup berani, yang kita tahu selama ini Agnes biasanya lebih kepada rambut yang panjang dan badan yang berotot (terkesan seperti laki-laki), namun penampilan barunya kali ini benar-benar menarik untuk dipandang, sangat cantik.

5. Warna musik dalam album ini terdengar lebih berwarna dan berani, dan termaksud yang cukup berani di Indonesia.

Secara keseluruhan album Agnes yang baru ini saya beri nilai 8 (bila dibandingan dengan album-albumnya yang terdahulu). Sekian dari saya, semoga cukup dapat bermanfaat untuk memberi masukan bagi kalian sehingga membeli albumnya Agnes (yang original tentunya). Jangan lupa dukung terus musik dan musisi negeri sendiri !!

0 comments:

Posting Komentar

 
ss_blog_claim=c2f27b364ef7acd74baa6421e2336682 ss_blog_claim=c2f27b364ef7acd74baa6421e2336682