Selasa, April 07, 2009

kisah dari bali bersama bolang


30 Maret 2009, Senin. Perjalanan menuju bali dengan versi 'backpacker' bersama teman bolang di mulai. Biaya transportasi sekali perjalanan sampai tiba di Bali untuk 1 orang sekitar 200ribu. Kereta ekonomi dari stasiun Pasar Senen, jakarta sebesar Rp 43,000/orang. Kemudian dari Surabaya menggunakan mobil travel langsung sampai tujuan di Bali Rp 150,000/orang. Demikian halnya untuk biaya transportasi pulang.

Mengenai biaya hidup di Bali. Pertama, untuk penginapan, kita dapat mencari penginapan dengan biaya yang hemat range sekitar Rp 50,000 s/d Rp 70,000 per hari per kamar untuk 2 orang. Untuk teori, penginapan dengan harga kisaran yang saya sebut adalah 1 kamar hanya boleh untuk 2 orang atau maksimal 3 orang. Namun secara praktek 1 kamar yang saya dan teman bolang sewa kami tempati berlima sekaligus. Hehehe... ^_^' (bukan untuk ditiru terkecuali dalam keadaan terpaksa). Mengenai transportasi di Bali nya, kami menyewa motor 1 hari 2 motor dengan biaya Rp 70,000. Termaksud murah, karena pada umumnya 1 motor 12 jam dikenakan biaya Rp 45,000.

Perjalanan penuh dengan ketidakmantapan biaya, ketidakmantapan relasi, ketidakmantapan persiapan di Bali hanya membawa bolang dapat menjelajahi kuta (dan sekitarnya), jembatan pantai padang-padang, pantai bluepoint dan pantai dreamland. Juga melewati beberapa tempat lainnya (ingat, kata hanya melewati. Hehehehe ^_^')

Makan 1 x sehari, sms sana sms sini minta transfer uang, tidur 1 harian di pantai karena uang gak cukup buat penginapan, menyewa kamar penginapan 1 untuk 5 orang, masih banyak lagi hal-hal yang cukup menyengsarakan kalau di ingat-ingat. Namun merupakan pengalaman yang menarik, tak kan disesali dan tak kan terlupakan.

Banyak hal yang dapat di pelajari dari perjalanan bolang ke Bali. Ternyata untuk melakukan perjalanan sebagai backpacker pun kita harus memiliki persiapan yang optimal dan mental yang besar. Hal ini yang saya rasa kurang dalam perjalanan kami ini. Satu hal lagi, ternyata untuk menjadi 'gembel' tidak mudah. Hal tidak mudah adalah ada banyak rasa takut hal yang menghampiri kita, mulai dari mau makan apa hari ini, tidur dimana hari ini, rasa malu jika dilihat orang dan lain sebagainya.

Perjalanan nge-gembel ini telah berlalu. Berharap suatu saat nanti dapat kembali lagi ke Bali dengan versi perjalanan sebagai turis yang sebenarnya.

duduk_dreamland

bolangBERlima_bluepoint

bawah_karang@bluepoint

siluet_bolang

BLUEPOINT

9 comments:

Anonim mengatakan...

heyy..slm knal..
aq ajenk.
bole tny g?
kmu abis brp totalnya smua d bali??
aq rencananya mo backpackeran jg breng tmen2..
:)

nando.gino mengatakan...

slam kenal juga ^^

perhitungannya :

- kreta api dr senen 43.000
- travel dr surbaya 150.000 (dianter smpe tujuan mnapun dibali, dlu gue pointnya di kuta)
- pnginapan di bali 60rb/mlm, itu buat 3 org maksimal sbnernya, tpi lgitu gue n tmn gue paksain ampe 5 org, asal gk ktawan aja ama receptionistnya,,bisa kok,,
- transport standarnya 40rb/motor/hari, tawar aj ampe 70rb/2motor, atau klo jago nawar lg dapet sbnernya tuh bisa 60rb/2motor.

Kalo 3 hari, totalnya lagiitu sih skitar 671ribu/orang. Berhubung lgitu kurang prsiapan jd ya itu dia sdikit bnyk pngluaran, kalo emg ajenk mau yg lebih backpacker, banyak cara lg buat menghemat.

Trus rencananya emg berapa orang ? biar gue kasih gambaran cara menghematnya, oh ya blognya apa atau emailnya ?

EyaCuTe mengatakan...

wah...seru2..brati kl dr jogja transport ga bakal nyampe segitu yah????

need more detail donk...rencana bulan depan mo ksna nieh...prepare2 dlu...plus kl bs kasih tau t4 yg kalian bisa datengin dlm wkt bebrapa hari itu yah..tengkyuu....

nando.gino mengatakan...

Oh lu dari jogja ? cb aj itung,,kl dr jogja ke sbaya brapaan ongkosnya ? ntar disna cegat aja bis yg ke bali byar 100rb jg syukur tuh orang.

Kl tempat pas dibalinya,,bingung jg nih. Kalian brapa orang ? 5 ? atau 6 ? atau dibawah 5 ? kl dibwh 5 mendingan sewa mtor,,dari pagi tpi. Pagi bgt, trs mulai jalan.

Anggap aja ntar klian nginep di kuta ya. Kl di kuta brarti yg bisa kejangkau klo nyewa motor 1 hari, pantai jimbaran, pantai dreamland (atau new kuta beach), pantai blue point, nusa dua, sanur n tanah lot. Itu bisa kejangkau smua kalau brangkat pagi..jd itu smua yg gue sebut tmpat wisata daerah selatan (trmaksud kuta, klo kuta mah tggal jalan kaki aja dar tmpat pnginapan).

Kl emg msh ada rejeki/duit n waktu,,hri ke 2 blh jg tuh nyewa mtor lg. Terus brangkat ke bagian atas (utara), tpi gue c gk trlalu menyarankan. Slnya susah bgt.

Prtama jauhh, ke2 bkal ngisi bensin terus, ke 3 daerah utara lbih kampung n lebih sepi.

Kalo mau lebih enak,,bagusnya pny tmen orang sana. Atau sodara, atau siapalah yg dikenal. Numpang dirumah mreka 2 hari, trs pnginapan 2 hari.. jd enak tuh,,hemat + bisa lama

Anonim mengatakan...

minta info travel yg dari surabayanya dong?

sxan deh info yg lebih hematnya....
dari jakarta ya...

nando.gino mengatakan...

@anonim .. ada email ? biar saya email aja detailnya, tkut kepanjangan kalau disini.

Anonim mengatakan...

w jg mw ke bali liburan kuliah ini
w mw nanya dunk klo naek bis dr jkt brp duit y?

trus mw jg dunk alamat travel yg dSBY ny?

Makasih sblm ny

nando.gino mengatakan...

hemm,,kalo naik bus kurang tau deh. Wktu thn lalu tman saya ke bali naik bis sih dia bilang skitar 300an. Kalo sekarang kurang tahu, yg pasti dari terminal pulo gadung ada kok.

Untuk nomor telpon travel yg disurabaya, saya pribadi udh ganti hp jd nomor ilang smua. Ntar saya coba tanya ke temen saya yg dulu prgi brg,,ada email biar saya kabarin ke email anda ?

yulis setyoweni mengatakan...

hayy,, salam kenal,,
aku yulis dari sby,,
setelah baca" catatan perjalanan kmu d.bali,,
aku jd inget sama pngalaman ku wkt traveling d.bali bln september 2011 kmarin :)
sry jd curhat nii,, hehehehhh,,,
tp emang seru kog kalo bolang bareng tmen" deket,,

oya,, aku td smpet baca ktanya,, kmu nyewa travel dr sby 150.000/orng ya,,
mnurut ku sii kmahalan,,
dari pda nyewa travel harganya segitu,, mnding naik bis dari terminal bungurasi surabaya yg hargany cma 90.000/orang itu udh dpet makan 1 kali, trs turun d.terminal denpasarnya.
pngalaman ku sii wkt traveling d.luar" kota.
lbih sering bawa motor sendiri,,
kmarin wkt touring k.bali aku brangkat cma 2 orang. (aku ma cowok ku,, hehehehehhh)
trs 9 temen ku naik mobil. jd kita rencanany ktemuan d.denpasar.
sby-bali naik motor sbenarnya cma membutuhkan 10 jam,, tp wkt kmarin aku k.bali naik motor 12 jam,, berangkat dri rmh jm 5 wib pagi sampai denpasar jm 6 wita sore. yg bikin lama d.prjalanan gara" aku sering" berhenti. prtama aku brhenti d.warung makan d.daerah pasuruan itu kira" skitar jm 7 pagi. trz yg ke2 berhenti d.minimarket daerah probolinggo untuk beli makanan ringan,, yg ke3 brhenti d.pantai pasir putih situbondo, disitu kita foto" skalian istirahat sbentar,, yg ke4 d.daerah banyuwangi ada pantai yg brpasir batu eaa mampir dlu dee bwt foto", tp syangnya aku lupa nma pantainya,, heehehehhh,,,
lalu kita langsung mnuju d.pelabuhan ketapang banyuwangi, disitu kita nunggu sampeg kurang lbih 3 jam'an baru dpat kapal. wkt itu kbetulan arus balik mudik jd pelabuhan jd macet.
kalo gag slah sii wkt mnyebrang d.bali skitaran jam 1 siang'an laahh,,
trs setelah sampai plabuhan gilimanuk kita langsung mnuju denpasar,,
pkoknya seruh bngetlah klo touring naik motor,,
selain rasanya lbih seru, kita bisa mngirit biaya pngeluaran,,
dan slama touring d.bali kmarin kita cma mngeluarkan uang kurang lbihnya sii 400.000.
uang ku 200.000 + uang cowok ku 200.000.
itu pun kita d.bali 5 hari.

Posting Komentar

 
ss_blog_claim=c2f27b364ef7acd74baa6421e2336682 ss_blog_claim=c2f27b364ef7acd74baa6421e2336682